UFO atau IFO ?

UFo's & How To See Them

Kasus munculnya UFO yang disaksikan oleh banyak warga kota Stephensville, Texas, Amerika Serikat (AS) menarik untuk dicermati. Sejumlah saksi mata mengatakan bahwa mereka melihat sebuah pesawat misterius berbadan lebar yang besarnya lebih dari 1 mil persegi dan memiliki sejumlah lampu. Kesaksian warga ini ditampik oleh pemerintah AS yang segera membuat pernyataan bahwa apa yang dilihat oleh para warga itu adalah sejumlah pesawat tempur F-16 yang sedang mengadakan latihan di malam hari. Warga AS tidak sungguh-sungguh percaya dengan pernyataan pemerintahnya.

Lagipula, menurut sebagian saksi mata, pesawat aneh itu tidak mengeluarkan suara keras seperti pesawat tempur pada umumnya. Sementara itu, terbetik kabar bahwa ada seorang warga yang merekam peristiwa tersebut, namun sampai kini tidak terdengar kabar lanjutannya. Tahun 2007 lalu, sebuah UFO berwarna oranye terlihat di Inggris. Beberapa waktu setelah pemunculan UFO tersebut diberitakan, seseorang yang tidakdiketahui identitasnya mengirimkan sebuah paket kepada harian lokal di Inggris yang isinya sebuah balon besar berwarna oranye yang ia terbangkan di hari dan waktu yang sama ketika ada seorang saksi mata yang melaporkan bahwa pemunculan UFO berwarna oranye. Balon kiriman itu lalu diuji. Saksi mata yang melaporkan peristiwa itu pun dimintai pendapatnya. Ia mengatakan bahwa warna oranye balon itu berbeda dengan apa yang sebelumnya ia lihat. Beberapa hal lainnya juga nampak berbeda. Kasus ini sampai kini belum jua menemukan jawaban yang akurat. Nah, berkaca dari dua kasus di atas, dan tentunya masih banyak lagi laporan dari banyak saksi mata yang “dimentahkan”, ketika seorang UFO hunter atau pemburu UFO mencari penampakan UFO, maka ia perlu membekali diri dengan pengetahuan yang memadai agar dapat menilai bahwa UFO yang ia lihat memang benar kendaraan alien atau bukan. Jika benda terbang aneh itu dapat dijelaskan, maka ia disebut IFO atau Identified Flying Objects.

Lalu bagaimana menilai sebuah benda terbang aneh yang terlihat di langit disimpulkan sebagai UFO (baca: kendaraan alien) atau IFO? Jenny Randles, salah satu ufolog beken di Inggris, menggambarkan skema untuk membantu menyimpulkan munculnya benda terbang aneh di langit. Selanjutnya setelah dapat dijelaskan, maka UFO menjadi IFO, artinya UFO dapat dijelaskan sebagai pesawat terbang biasa, bintang, meteor, awan, dan lain-lain. Memang tidak semua benda terbang aneh di langit adalah pesawat atau probing instrument milik alien. Mungkin saja itu pesawat tempur, atau balon udara seperti kasus di atas. Sebagai UFO hunter, ada baiknya panduan berikut dipelajari agar dapat menyimpulkan apakah sebuah UFO itu memang pesawat milik alien atau fenomena alam biasa, atau malah pesawat buatan manusia ? Tapi jika benda asing di langit itu berada di luar skema, maka bisa jadi itu adalah kendaraan alien yang sedang mengunjungi Bumi.

<Majalah BETA-UFO Edisi 15>

Leave a Reply

Your email address will not be published.